Ged a Widget

Pages

Rabu, 27 Februari 2013

Teh Hijau

Hmm… Dingin-dingin memang paling enak minum teh Hangat… Kalau panas memang paling enak minum es teh…
Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.
Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.
Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.
Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.
Selain untuk diseduh dan diminum, teh ternyata serbaguna. Banyak kegunaan teh yang bisa dimanfaatkan. Seperti redakan kulit terbakar, legakan mata lelah, menghitamkan rambut… Kok bisa ya, berikut beberapa di antara kegunaan tersebut :
• Redakan kulit terbakar
Teh bisa mendinginkan kulit yang terbakar matahari. Jika lupa pakai tabir surya dan sudah telanjur berpanas ria di pantai, tentunya kulit Anda akan memerah terbakar. Caranya? Tempelkan beberapa kantung teh basah, rasa terbakar yang ada akan berkurang. Jika kulit yang terbakar matahari sudah sangat luas, coba rendam beberapa kantung teh dalam bak mandi, dan berendamlah. Cara ini juga biasa dipakai untuk merawat luka bakar ringan seperti kena uap panas atau terkena setrika.
• Legakan mata lelah
Mata Anda lelah, sakit atau bengkak? Cobalah dengan cara ini: rendam dua kantung teh dalam air hangat, dan tempelkan ke mata Anda, tutup selama 20 menit. Tannin dalam teh akan mengurangi bengkak dan meredakan kelelahan mata.
Kurangi sakit luka. Misalnya Anda lupa atau salah meletakkan silet untuk bercukur, dan akibatnya Anda tergores. Goresan luka tadi biasanya sangat perih. Cara yang paling nyaman adalah meletakkan kantung teh basah di tempat yang terluka.
• Menghitamkan rambut
Cara yang sederhana dan murah, tanpa membuat Anda harus membayar mahal untuk menghitamkan kembali rambut. Celupkan 3 kantung teh dalam 1 cangkir air panas. Tambahkan rosemary dan sage masing-masing 1 sendok makan, biarkan semalaman, dan kemudian saring. Keramas dan bilas rambut Anda, setelah kering, semprotkan cairan teh tadi ke seluruh rambut sampai basah. Keringkan rambut dan jangan dibilas. Gunakan beberapa kali sampai rambut bisa kembali hitam.
• Atasi rambut kering
Untuk rambut kering atasi dengan cara membilas rambut Anda (setelah keramas) dengan larutan ini : satu liter air hangat dan satu kantung teh biasa.
• Mengeringkan bisul
Setelah teh direbus, tempelkan kantung teh yang basah di bisul. Setelah semalam, bisul yang ada akan mengering tanpa rasa sakit pada saat Anda terbangun esok harinya.
• Mengurangi sakit gusi
Gusi berdarah, selain perih, memang tidak menyenangkan. Coba kompres dengan kantung teh basah yang dibasahi air dingin.
• Kurangi sakit bayi
Anda menghadapi masalah bayi sakit dari suntikan? Setelah imunisasi, biasanya bayi menangis. Nah, coba basahi kantung teh, dan tutupkan di bekas luka sauntikan. Tahan perlahan sampai tangis mereda.
• Menghilangkan bau kaki
Kaki berbau, hilangkan dengan cara merendam kaki dalam larutan teh. Buat larutan teh kental dengan cara merendam beberapa kantung teh. Rendam kakai selama 20 menit, bau kaki akan hilang secara perlahan.
• Redakan sakit gigi
Untuk mengurangi sakit gigi, kumurlah dengan teh peppermint yang dicampur dengan garam seujung sendok. Peppermint selain meredakan sakit, juga berfungsi sebagai antiseptik.
• Bersihkan kayu dan lantai
Teh segar baik sekali untuk membersihkan perabot kayu dan lantai. Rebus beberapa kantung teh dalam satu liter air dan biarkan dingin. Gunakan kain lembut dan celupkan dalam larutan, lalu peras, gunakan kain lembab tadi untuk membersihkan perabotan. Keringkan dengan lap kering dan lembut.
• Membersihkan cermin
Untuk membersihkan cermin, buatlah teh kental, biarkan dingin. Lembabkan kain lembut dengan teh tadi dan gunakan untuk mengelap permukaan cermin. Kemudian keringkan dengan lap kering yang lembut.
• Memperkuat tanaman mawar
Taburkan teh yang sudah digunakan ke tanaman mawar Anda dan siram seperti biasa. Asam tannin yang ada dalam teh adalah nutrisi yang sangat berguna bagi mawar.



Teh Hijau merupakan nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Selain nikmat untuk diminum ternyata daun teh hijau sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh karena Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Tapi jangan berlebihan juga ketika kita mengkonsumsi teh ini, cukup minum dua hingga tiga cangkir teh hijau sehari.
 
Teh Hijau
Seperti yang penulis kutip dari situs kompas.com, teh hijau memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh kita, di antaranya:
 
1.Teh hijau dapat membantu perlindungan terhadap kanker.
2.Teh hijau dapat membantu mencegah aterosklerosis.
3.Teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik.
4.Teh hijau dapat membantu mengendalikan diabetes.
5.Teh hijau dapat membantu melawan penyakit pada hati.
6.Menurunkan berat badan.
7.Menghasilkan perasaan rileks.
8.Teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
9.Teh hijau membantu memperkuat sistem pencernaan dan pernafasan karena kandungan bioflavonoid.
10.Teh hijau merupakan anti bakterial dan membantu mencegah lubang di gigi.

Selain manfaat di atas, teh hijau juga ternyata bisa digunakan untuk:
1).Menyegarkan Wajah
caranya rendam 100 gram daun teh dalam setengah liter air mineral di suhu ruang selama satu jam. Saring ke dalam wadah bersih dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Simpan di dalam kulkas. Cairan ini bisa disemprotkan ke wajah sebagai penyegar. Kalau tak ada botol penyemprot, rendam kain katun ke dalamnya lalu peras. Tempelkan kompres ini ke mata yang lelah.

2).Masker Penyegar Wajah
Masker dari teh hijau bermanfaat menghilangkan racun di kulit dan membuat kulit makin halus. Campur satu sendok makan mayones dengan satu sendok makan daun teh hijau. Setelah tercampur, oleskan merata ke seluruh wajah, kecuali daerah mata. Diamkan selama 20 menit. Basuh wajah dan keringkan.

3).Penyegar mulut
Caranya, Tuang satu cangkir air mendidih pada wadah berisi 100 gram daun teh hijau. Diamkan selama 30 menit. Ambil satu sendok baking soda dan campur dengan cairan teh hijau ini. Gunakan ini sebagai pasta gigi.




Sumber : Kompas.com dan blog sebuah kabar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Tumbuhan(plant) and Powered by Blogger.
Free Daisy Dances Cursors at www.totallyfreecursors.com